Daerah

PERLU DI BAHAS BERSAMA

PERDA PARKIR MASIH DALAM KAJIAN

admin manager | Jumat, 25 November 2016 - 09:47:01 WIB | dibaca: 933 pembaca

 

   PEKANBARU--Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman telah menandatangani Peraturan Daerah (Perda) tarif parkir Kota Pekanbaru. Menyikapi hal itu, masyarakat mulai resah sebabnya tarif baru tersebut lebih tinggi empat kali lipat dari biasa. Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informasi (Dishubkominfo) Kota  Pekanbaru, Aripin HR SH  menyebutkan masyarakat tidak perlu risau. “Jangan resah. (Perda Parkir) masih butuh kajian secara mendalam. Karena pemberlakuan itu perlu proses ,” ungkap Aripin Kamis (24/11/2016). Dijelaskan Arifin  Perda tarif parkir yang baru tersebut tidak serta merta diberlakukan. Sebab ada beberapa poin rekomendasi dari Mendagri yang perlu dibahas bersama DPRD Kota Pekanbaru.

               Ketika ditanya kapan berlakunya tarif baru tersebut, Arifin tidak bisa memastikan. “ Masih panjang ada yang harus dipelajari.  Dan masih panjang itu prosesnya. Masyarakat tidak perlu resah dan khawatir,” sebutnya. Kalau ada yang menerapkan tarif baru, Arifin sebut itu ilegal. “Pelanggaran itu. Laporkan segera ke polisi,” tegasnya. Diketahui  dalam Perda tarif parkir tersebut terbagi dalam empat zona khusus. Yakni Zona I tarif parkir roda (empat) dipungut Rp 8 ribu dan roda (dua) Rp 4 ribu. Zona II, roda (empat) dipungut Rp 5 ribu dan roda (dua) Rp 3 ribu.

               Sementara itu Zona III, roda (empat) dipungut Rp 2 ribu roda (dua) Rp 1.000 dan roda (enam) Rp 10 ribu. Zona IV roda (empat) dipungut Rp 2 ribu dan roda (dua) Rp Rp 1.000. Penetapan zona ini akan ditetapkan melalui Peraturan Walikota (Perwako) Pekanbaru. Sementara itu hasil verifikasi Kemendagri berisi beberapa catatan. Antara lain Pemko Pekanbaru harus melakukan sosialisasi penerapan zona parkir yang dibebankan tarif tinggi, tidak menggunakan jasa pihak ketiga dalam melakukan retrebusinya, dan Pemko harus sediakan lahan parkir atau tidak boleh diberlakukan pada jalan nasional. (Dishubkominfo/HZ)





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)